Sabtu, 26 Mei 2012

5 Kiat Sukses Turunkan Berat Badan

Mengurangi porsi makan dan meningkatkan olahraga secara rutin jika Anda ingin menurunkan berat badan. Namun jika Anda belum juga berhasil, bisa jadi karna pola makan dan mind-set yang belum tepat.

Berikut ini 5 kebiasaan yang dapat menurunkan berat badan :

1. Targetkan Secara Spesifik

             Jangan hanya punya kemauan untuk menurunkan badan, Anda juga harus punya target yang spesifik, misalnya, "saya ingin turun 5 kg."  Dengan adanya target, otak akan mengarahkan Anda untuk benar-benar melakukan usaha yang maksimal. Target tersebut juga dapat memotivasi bagi diri Anda sendiri.

2. Buat Rencana agar Tidak Tergoda dengan Makanan 'Penggemuk'

            Kadang Anda suka gagal mengecilkan lingkar pinggang karna tergiur oleh makanan yang tinggi lemak, seperti makanan penutup saat makan malam.Untuk itu, sebaiknya Anda membuat rencana dulu, misalnya saat diajak makan siang dengan rekan kerja, Anda dapat memesan salad dan tidak mengonsumsi makanan yang bisa menggagalkan program diet Anda.

3. Pantau Kemajuan Anda

            Menandai atau melingkari tanggal di kalender dimana Anda memulai program diet. Setiap seminggu sekali, pantau berat badan Anda, apakah sudah mulai berkurang atau malah semakin bertambah. Jika sudah berkurang, hitunglah waktu yang Anda butuhkan untuk menurunkan berat badan. Kalau belum mencapai target, pemantauan tersebut dapat mamacu Anda untuk lebih serius lagi melakukan program diet tersebut.

4. Optimis

            Jangan pernah menganggap bahwa menurunkan badan itu adalah hal yang sulit. Itu dapat memicu Anda menjadi malas berolahraga dan tidak memperhatikan pola makan. Kuncinya hanya optimis dan percaya jika Anda akan berhasil. Setelah menargetkan, atur strategi agar Anda dapat bertahan dan terus melangkah sampai tujuan. Rasa optimis dapat membuat Anda berhasil melakukan program diet.

5. Tekad yang Kuat

            Bila Anda hanya berencana tetapi tidak ada kemauan, jangan harap bisa berhasil menurunkan berat badan.  Kemauan tidak hanya di awal dan sesaat, tetapi harus total dan terus meningkat sampai mencapai target. Kendalikan diri untuk mengonsumsi makanan sehat seperti buah dan sayuran. Tambahkan olahraga rutin dengan aktivitas fisik yang dapat membantu Anda menurunkan berat badan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar